Ahlul Bait dan Sahabat dalam Kurikulum PAI

Pengantar redaksi

Diantara tujuan ditetapkannya kurukulum Pendidikan Agama Islam (PAI) adalah sebagai alat untuk transmisi kebudayaan, transformasi pribadi peserta didik dengan melestarikan nilai-nilai Agama Islam. Di dalam teori kurikulum setidak-tidaknya terdapat empat pendekatan yang dapat digunakan dalam pengembangan kurikulum, yaitu: pendekatan subjek akademis, pendekatan humanistis, pendekatan teknologis/kompetensi, dan pendekatan rekontruksi sosial. Pendekatan yang sesuai dengan tujuan diatas adalah pendekatan subjek akademis.

Pengembangan kurikulum subjek akademis dilakukan dengan cara menetapkan lebih dahulu mata pelajaran/mata kuliah apa yang harus dipelajari peserta didik, yang diperlukan untuk persiapan pengembangan disiplin ilmu.

Pendidikan agama Islam di sekolah meliputi aspek Al-Qur’an dan Hadist, keimanan, akhlak, ibadah/muamalah, dan tarih/ sejarah Islam.Di madrasah, aspek-aspek tersebut dijadikan sub-sub mata pelajaran PAI meliputi: Al-Quran Hadits, Fiqih, Aqidah Akhlaq, dan Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Di dalam agama Islam ada ajaran yang bersifat ushul (pokok; baik dalam i’tiqadiyyah maupun amaliyyah), qath’i (pasti), fardh (wajib) dan universal. Adapula yang bersifat furu’ (cabang), tsanawi (skunder), dan fadhl (keutamaan). Jika suatu ajaran Islam yang bersifat pokok tidak mendapatkan tempat dalam sub-sub mata pelajaran PAI (dan anak didik tidak mendapatkan dari sumber yang lain), maka hal itu akan berpengaruh sangat negatif dalam kehidupan anak didik di dunia dan di akhirat. Salah satu tema pokok yang kurang mendapatkan tempat di dalam kurikulum PAI adalah tema “Ahlul Bait dan Sahabat”.

Oleh karena itu judul utama yang kami angkat pada edisi ini adalah makalah “Ahlul Bait dan Sahabat dalam Kurikulum PAI”. Dan insyaallah akan kita lanjutkan pada edisi-edisi berikutnya. [*]

 

Baca Selengkapnya…
Di Majalah al-Umm Edisi 4 /Vol.III

Bagian Pemasaran:
0812 3133 8889
(Telp/ SMS/ WhatsApp)

Kunjungi Website Kami:
www.majalahalumm.com

 

Cover III-04

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *