Jeritan Rohingya sampai ke Indonesia

PENGANTAR REDAKSI

Untuk menyelamatkan diri dari pembantaian oleh umat Budha di Burma Myanmar, umat Islam menempuh perjalanan selama 3 bulan hingga akhirnya terdampar dan diselamatkan oleh nelayan Aceh di Selat Malaka. Sebanyak 34 pengungsi Rohingya dikabarkan tewas dalam perjalanan laut tersebut. Pada awalnya mereka ditempatkan di Gelanggang Olah Raga (GOR) Lhoksukun Aceh Utara. Namun saat ini semua pengungsi sudah dipindahkan ke Tempat Pendaratan Ikan (TPI). Jarak tempuh dari Lhoksukun ke Banda Aceh ibu Kota Provinsi sekitar 313 KM.
Kemudian pada hari Jum’at tanggal 15 Mei 2015 sekitar pukul 05.00, sebanyak 790 yang juga berasal dari etnik Rohingya diselamatkan oleh nelayan dipelabuhan Kuala Langsa.  Jarak tempuh dari Langsa ke ibu Kota sekitar 439 KM.
Dan tepat pada Jumat, 15 mei 2015 pukul 18.30 juga ditemukan kembali 47 orang imigran rohingya di Desa Sungai keruk, kecamatan Seruway Kabupaten Aceh tamiang.
Masuknya Imigran Rohingnya ke Indonesia membuat dunia internasional prihatin atas kondisi yang menimpa mereka. Apalagi pengungsi asal Myanmar itu terombang-ambing di tengah lautan selama berhari-hari.
Karena status imgiran Rohingnya saat ini adalah Stateless (tanpa warga negara) sehingga mereka harus di bawah naungan UNHCR (Badan PBB untuk masalah pengungsi), lalu UNHCR yang akan mendistribusikan para pengungsi tersebut kepada negara yang mau menerima imigran Rohingnya. Namun sampai saat ini baru Indonesia yang mau menerima, melalui Propinsi Aceh.
Mari kita berdoa kepada Allah  agar pemerintah Indonesia terus menerima mereka , dan semoga negara-negara lain diketuk hatinya oleh Allah. Aamiin.
Semoga tema yang kita angkat tentang muslim Rohingga ini membuat Anda tergugah.

Cover III-06

Informasi:
Pemesanan / Pembelian / Berlangganan

Bagian Pemasaran:
bpk. Farid Baarya
0812 3133 8889
(Telp/ SMS/ WhatsApp Pada Jam Kerja)

Senin s/d Jum’at:
Pukul : 08.00 – 16.00 WIB
Sabtu:
Pukul: 08.00 – 12.00 WIB
Ahad:
LIBUR
_____________________________
Alamat:
Kantor Penerbitan Majalah al-Umm
Kompleks Masjid Jami’ al-Umm
Jln. Joyoagung No.01 Merjosari, Lowokwaru, Malang

Kunjungi Website Kami:
https://www.majalahalumm.com

Facebook:
https://www.facebook.com/alummfans

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *