Kedudukan Puasa Syawal

Sungguh agung karunia Allah berupa bulan suci Ramadhan. Betapa tidak! Bulan Suci Ramadhan adalah penyuci jiwa dan pembersih qalbu, sehingga kita mendapatkan ampunan, meningkatkan iman, menretakan ukhuwah dan membebaskan diri dari api neraka. Oleh karena itu Hari raya idul fitri merupakan bentuk syukur sekaligus perayaan syar’i yang diajarkan oleh Allah .

Hari Raya idul fitri adalah bentuk syukur kepada Allah, bukan hanya sekedar berbaju baru, bersepatu atau bersandal baru dan berpesta makanan dan minuman secara bersama-sama. Itu semua fenomena, tetapi hakekatnya adalah bergembira atas pelunasan kewajiban di bulan Ramadhan dan berpesta atas hidayah dan rahmat Allah . Oleh karena itu Allah berfirman:

Syaikh Abu Manshur al-Syirazi di majlisnya di al-haram al-muqaddas pada hari raya mengatakan:

: لَيْسَ الْعِيدُ لِمَنْ غُرِفَ لَهُ إِنَّمَا الْعِيدُ لِمَنْ غُفِرَ لَهُ

“Bukanlah hari raya itu bagi orang yang diambilkan makanan utnuknya, tetapi hari raya adalah bagi orang yang diampuni untuknya.”

Imam Ibn Rajab menyebutkan ada satu rahib berkata:

Bukanlah hari raya itu untuk orang yang berpakaian baru, akan tetapi hari raya itu untuk orang yang ketaatannya bertambah. Bukanlah hari raya bagi orang yang berhias diri dengan baju dan kendaraan, akan tetapi hari raya itu untuk orang yang diampuni dosa-dosanya. Di malam hari raya dibagi-bagi jaminan merdeka dari api neraka dan ampunan atas para hamba. Barang siapa mendapatkan sesuatu dari padanya maka dia berhak berhari raya, jika tidak maka dia terusir dari hari raya.”

Imam Hasan Bashri berkata:

كل يوم لا يعصى الله فيه فهو عيد، كل يوم يقطعه المؤمن في طاعة مولاه وذكره وشكره فهو له عيد

Setiap hari yang tidak digunakan maksiat kepada Allah adalah hari raya. Setiap hari yang dilalui oleh orang mukmin dalam ketaatan kepada Tuhannya, berdzikir dan bersyukur kepada-Nya adalah hari raya.”

Oleh karena itu dalam edisi kali ini kami angkat “Kedudukan Puasa Syawal” agar puasa kita sempurna, dan hari raya kita semakin sempurna.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *