Bahasa Mukjizat

Tanggal 18 Desember merupakan hari yang telah ditetapkan oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) sebagai Hari Bahasa Arab Sedunia.

Memang sudah selayaknya Bahasa Arab diakui di seluruh dunia. Karena Bahasa Arab mempunyai peran besar dalam membangun peradaban di dunia sampai di era modern sekarang.

Lebih dari 422 juta jiwa diseluruh penjuru dunia menggunakan Bahasa Arab sebagai Bahasa sehari-hari mereka. Khususnya di Timur Tengah dan Afrika Utara.

Bahasa Arab adalah bahasa al-Qur`an, kitab mukjizat satu-satunya di dunia. Bahasa Arab adalah bahasa Agama Islam; sumber utamanya, al-Quran dan al-Hadits, berbahasa Arab. Sejarah Islam, baik Sirah Nabi maupun sirah para sahabatnya juga berbahasa Arab. Biografi para ulama, dan kitab-kitab rujukan di berbagai disiplin ilmu berbahasa Arab. Sebelumnya Bahasa Arab juga menjadi bahasa sains dunia.

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling agung, paling luas, paling dalam dan paling luhur. Manusia dan jin bersatu sekalipun tidak akan mampu menggunakan seluruh kemampuan atau potensi bahasa Arabnya. Bangsa Arab yang telah memiliki kefasihan dan balaghah yang tinggi, mereka pemilik bahasa Arab, mereka sangat fasih dalam bahasanya dengan bukti banyaknya karya sastra, diwan syair (bunga rampai syair), al-mu’allaqat (syair terbaik yang digantungkan di ka’bah), al-muthowwalat (syair-syair yang panjang) dari syair-syair jahiliyyah dan yang selainnya- dengan semua ini, mereka tidak mampu untuk menggunakan kemampuan bahasa Arab kecuali sedikit saja, padahal ilmu mereka tentang bahasa Arab sudah sangat luas dan sangat piawai.

Tahukah Anda bentuk sempurna penggunaan kemampuan bahasa Arab itu? Itulah al-Quran, begitu sempurnanya pemakaian potensi bahasa Arabnya hingga ditantang oleh Allah bahwa manusia dan jin tidak mampu membuat semisal surat terpendek al-Quran.

Allahu Akbar! [*]

Be the first to comment on "Bahasa Mukjizat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*