The Real Santri

The Santri adalah istilah yang viral sekarang ini karena diangkat oleh media, maka majalah al- Umm perlu mengenalkan apa, siapa, dan bagaimana sejatinya santri itu.

Secara umum Santri adalah sebutan bagi seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di pesantren, dipimpin oleh seorang Kyai, yang mengaji kitab-kitab Islam (dari yang klasik sampai yang modern) di masjid, yang menetap di pondokan, hingga pendidikannya selesai.

Menurut kami, the real santri sudah bisa kita kenali melalui semacam akronim, yaitu kata SANTRI adalah kependekan dari: Semangat (dan atau Sabar), Agamis, Nasehat, Tirakat (dan atau tawadhu’), Ridha, dan Ikhlash (dan atau inshaf, dan irsyadu ustadz).

Sementara secara detilnya bisa digali dari dalil al-Qur`an, al-Sunnah, dan ucapan para ulama salaf dan ulama pendidikan Islam.

The real santri ini ada di pesantren sebagai pusat lingkungan dan kegiatan mereka, artinya untuk mengetahui kehidupan santri yang sejati yang bertakwa kepada Allah dan berakhlak mulia termasuk menolong sesama dan toleransi, maka kita bisa berkunjung ke pesantren yang menerapkan nilai-nilai Islam yang diwariskan oleh Rasulullah ﷺ kepada para sahabat dan kemudian kepada generasi Ahlussunnah berikutnya.

Melalui edisi ini pula kita mengenal bahwa umat Islam yang jauh dari nilai-nilai Islam disebut abangan. Mereka mempraktikkan Islam dalam versi yang lebih sinkretis. Mereka ini biasa juga disebut dengan istilah Islam KTP.

Demikian, semoga edisi ini penuh dengan ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat. Dan semoga bisa mengikuti edisi berikutnya, berjudul “Bahasa Mukjizat”. [*]

Be the first to comment on "The Real Santri"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*