Mendidik Anak dalam Kandungan

al-Umm06-2Salam redaksi
Rahim adalah lingkungan pertama tempat kehidupan seorang anak saat dia berbentuk janin. Dia akan meninggalkannya dengan membawa banyak pengaruh sesuai dengan faktor-faktor yang dialami dan dilalui oleh sang ibu. Oleh karena itu sang ibu harus menyadari bahwa janin adalah amanah, dan pendidikannya secara kesehatan dan kejiwaan tidak dimulai dari kelahiranya melainkan sejak ia berada dalam kandungan.
Dr. Hamid Zahran –dosen kesehatan mental di Universitas Ain Syams- memperhatikan sebagian factor yang mempengaruhi janin dalam rahim ibunya. Dia berkata: “janin memerlukan pengaruh kesehatan fisik dan emosional melalui ibu; faktor-faktor kejiwaan ibu itu berpengaruh -secara tidak langsung- terhadap pertumbuhan janin. Rasa takut, cemas, marah, dan, stress, frustasi yang ada pada ibu akan merangsang system saraf otonom dan pengaruhnya akan tampak pada sisi-sisi keanggotaan tubuh, merubah susunan kimia dalam darah yang pada gilirannya mempengaruhi pertumbuhan janin.
Kita juga bisa saksikan bahwa ibu yang tidak suka kehamilannya lebih rentan terhadap gangguan emosional, dan tren negative selalu menyertainya selama kehamilan; misalnya mual mau muntah, gangguan mental, konflik emosional antara pasangan dan lain sebagainya.
Sebaliknya kalau ibu hamil rajin ibadah, membaca al-Qur`an atau mendengar murattal, berwirid, bershalawat dan berdoa, merasa khusyu’, tenang dan nikmat maka pengaruhnya dirasakan oleh jabang bayi. Bahkan makanan pun punya pengaruh pada janin. Makanan haram akan membawa kepada kesengsaraan dan kesialan,dan makanan halal maka akan membawa kepada keberkahan dan kselematan. Di dalam Surat an-Nisa` ayat 10 diterangkan bahwa siapa yang memakan harta anak yatim secara zhalim maka sesungguhnya akan menjadi api di dalam perut mereka dan mereka akan memasuki neraka yang berkobar. Oleh karena itu sudah menjadi sunnatullah bahwa anak-anak yang diberi makan dari riba, korupsi, mencuri, judi, atau harta haram lainnya maka pengaruh barang haram itu aka nada pada anak-anaknya.
Harapan kami, tema pendidikan anak dalam kandungan kali ini bisa membawa manfaat kepada kita semua.

* Majalah al Umm edisi 6 Th II

Untuk informasi dan pemesanan hubungi:

  • Pemasaran 081231338889
  • atau datang langsung ke:
    JL.Joyo Agung No.1 Merjosari Lowokwaru Malang

ANDA BELANJA, ANDA BERAMAL

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *