Observasi Hilal Bulan Rajab 1438 H

Tidak terasa kita sudah di bulan Syaban. Satu bulan lagi Ramadhan. Subhanallah, cepat sekali dunia ini. Seolah kita berpacu, dan memang kita berpacu. Kita berpacu dengan waktu dan bergelut dengan lawan dan tantangan. Hanya dengan merapat dan mendekat kepada Allah serta berlindung di bawah naungan syariat Allah, kita akan selamat.

Demi waktu ashar, sesungguhnya manusia berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman, dan beramal shalih, dan saling berwasiat dengan kebenaran serta saling berwasiat dengan kesabaran. (QS. Al-Ashr: 1-3)

Salah satu kendaraan besar dan tercepat menuju surga, dan benteng dari neraka adalah bulan suci Ramadhan yang akan segera datang. Oleh karena itu di edisi ini, sebagai persiapan menyambut Ramadhan kita usung tema rukyat hilal Rajab, agar kita tahu dan bersemangat rukyat bulan untuk bulan Ramadhan di bulan Syaban ini. Nabi i bersabda:

Berpuasalah karena melihat hilal, dan berhari rayalah karena melihat hilal. Jika tertutup mendung atas kalian maka genapkan bilangan Syaban 30 hari.

Selain rukyat, kita tetap konsen dengan isu kemanusiaan, membela bangsa Rohingya yang tertindas dan terjajah. Sebab menolong mereka adalah iman, membela hak-hak mereka adalah amal shalih. Bahkan kita bisa berharap kepada Allah agar dengan membantu mereka ini, kita pun dibantu oleh Allah di dunia dan akhirat. Sesungguhnya Allah senantiasa membantu hamba selagi hamba itu membantu saudaranya.

Selain Rohingya kita juga berkomitmen untuk memberikan sumbangsih kepada dunia pendidikan Islam dan ilmu pendidikan Islam melalui serial Renungan pendidikan di dalam al-Qur`an.

Semoga Allah memberikan kita ilmu yang bermanfaat, amal shalih, rizki berkah, dan keluarga serta keturunan yang shalih shalihah. Aamiin. [*]

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *