Ramadhan Bulan Tarbiyah

Pengantar redaksi

Ramadhan adalah madrasah, yaitu sebuah sekolahan yang akan dibuka beberapa hari lagi (atau sudah dibuka saat majalah ini anda baca). Apakah anda tidak tertarik mendaftarkan diri di dalamnya?

Sungguh ia adalah madrasah, madrasah takwa, al-qur`an, bazaar rahmat dan ampunan dan bonus “kemerdekaan dari api neraka”.

Sudahkan saya dan Anda mempersiapkan diri untuk memasuki perhelatan yang agung ini? sudahkan kita tata niat kita? Sungguh jauh berbeda antara orang yang siap dan orang yang tidak siap!

Bulan Ramadhan adalah bulan yang teramat agung. Dia memiliki banyak julukan dan gelar. Salah satunya adalah bulan tarbiyah, bulan pendidikan. Dimana setiap manusia muslim dididik untuk tangguh dalam menjalankan perintah, tangguh dalam menjauhi larangan dan tangguh dalam menghadapi segala resiko di jalan dakwah. Di dalamnya setiap peserta didik dibimbing untuk bersyukur, membersihkan jiwa, menahan emosi, membaca dan menghayati al-Qur`an, menyantuni fakir miskin, membangun solidaritas islam. walhasil ada banyak pelajaran hingga ada yang mengumpulkan lebih dari 100 renungan pendidikan dalam syariat puasa. Oleh karena itu kami mengangkat tema ini sebagai tema utama edisi 12 ini.

Tujuan dari tema ini adalah menggugah kesadaran tentang nilai-nilai pendidikan yang harus kita upayakan di dalamnya. Sebab persiapan utnuk amal adalah tanda dari adanya taufiq dari Allah –Subhanahu wa ta’ala-, dan tanda kejujuran kita. Allah berfirman:

وَلَوْ أَرَادُواْ الْخُرُوجَ لأَعَدُّواْ لَهُ عُدَّةً

“Seandainya mereka ingin keluar niscaya mereka sudah menyiapkan satu persiapan utnuknya.”

Oleh karena itu, mari kita niat mulai sekarang: “kuatkan tekad kita untuk melaksanakan ketaatan.. menjadikan ramadhan sebagai madrasah yang penuh dengan agenda pengembangan ilmu dan amal, dan bersih dari pelanggaran dan kemalasan. Sungguh Allah ingin niat dan tekad kita”.

Semoga Allah memberkati kita di bulan suci Ramadhan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *